PELATIHAN SPSE V 4.3 DEMI MELAKSANAKAN AMANAH REFORMASI BIROKRASI

D.I Yogyakarta – Pelatihan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik versi 4.3 (SPSE v 4.3) angkatan II diadakan Tanggal 12-16 Februari 2019 di Hotel Pesonna Tugu Yogyakarta. Pelatihan ini dibuka oleh Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelengaraan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti). Pelatihan ini diikuti oleh 78 peserta yang berasal dari 22 instansi. Para peserta terdiri atas para Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Staff di Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Lingkungan Kemenristekdikti yang dibagi ke dalam dua kelas dalam pelatihannya.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi SPSE v 4.3 di Kelas

 

Pelatihan Aplikasi SPSE v 4.3 ini diselenggarakan berkat kerjasama Pusdiklat Kemenristekdikti dan LKPP. Penutupan pelatihan aplikasi SPSE v 4.3 dilakukan pada Jumat (15/2) yang diawali dengan para peserta mengikuti gerakan “tarian kewer-kewer” yang membuat penutupanmenjadi semakin meriah dan menggembiarakan.

Para peserta menirukan tarian kewer-kewer dengan penuh semangat

Pelatihan ini bertujuan melaksanakan amanah refomasi birokrasi yaitu pelayanan better, cheaper, dan faster. Hal itu serupa dengan yang disampaikan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti pada penutupan pelatihan bahwa ASN dituntut semakin professional dan berwawasan luas untuk mewujudkan good governance and transparency dalam pemerintahan. Peningkatan kompetensi merupakan usaha bersama antara organisasi dan seluruh personil dari organisasi tersebut, Reformasi Birokrasi harus menjadi sarana mencapai perbaikan tata kelola organisasi. Aplikasi SPSE v.4.3 merupakan aplikasi e-Procurement yang dikembangkan oleh LKPP untuk digunakan oleh LPSE di instansi pemerintah seluruh Indonesia. SPSE itu sendiri dikembangkan sejak tahun 2006 dengan mengacu Kepres nomor 80 Tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dalam mengembangan SPSE, LKPP melibatkan instansi-instansi terkait yaitu Lembaga Sandi Negara dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penutupan Pelatihan SPSE v 4.3

 

Selain Kapusdiklat Kemenristekdikti, Pelatihan Aplikasi SPSE V.4.3 angkatan II di Yogyakarta ini dihadiri oleh Pejabat dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah  (LKPP) dan beberapa narasumber dari Kemenristekdikti.

 

 

RKA/MP