MENGUJI NYALI DI KEGIATAN CARAKA MALAM PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN V TAHUN 2019

Serpong, 22 Maret 2019 – Sebanyak 38 peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V mengikuti kegiatan Caraka Malam di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang. Caraka malam yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara ini setiap angkatannya dikemas berbeda dan memiliki cerita yang penuh makna. Caraka malam sendiri adalah suatu teknik komunikasi yang digunakan oleh tentara di jaman dahulu ketika teknologi seperti telepon, sms, dan internet belum ada seperti saat ini. Dimana seorang tentara diberikan suatu pesan oleh atasannya dan pesan tersebut harus disampaikan kepada tujuan dengan bagaimanapun caranya, halangannya, dan rintangannya. Pesan tersebut sangat rahasia dan tidak boleh bocor kepada siapapun.

  Peserta sedang diberikan satu misi yang harus dijaga kerahasiaannya hingga sapai di pos terakhir

 Peserta berjalan sendiri ditengah hutan gelap, mencari pos melalui sebuah petunjuk

Berbeda dari angkatan sebelumnya, pada Caraka Malam Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V kali ini terasa lebih mencekam dan menyeramkan karena panitia menyiapkan jebakan yang lebih dapat menggoyahkan keberanian para peserta yaitu dengan panitia yang menyamar sebagai hantu di tengah gelapnya hutan Kebun Provinsi Puspiptek. Hal tersebut tentu saja membuat sebagian para peserta kaget dan ingin menyerah untuk tidak melanjutkan perjalanan. Namun, banyak juga para peserta yang tidak tergoyahkan niat dan tujuannya untuk mencapai pos terakhir dengan membawa misi rahasia yang tetap terjaga.

 Hantu menjadi salah satu jebakan untuk peserta Caraka Malam

 Peserta tertangkap kamera sedang melihat penampakan hantu

Selain itu dengan tidak menghilangkan makna dari kegiatan Caraka Malam, pada setiap pos peserta digali pengetahuannya tentang Bela Negara seperti tentang Tes Cinta Tanah Air, Kesadaaran Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan  Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara. Peserta tidak diizinkan untuk melanjutkan perjalanan jika tidak dapat menjawab serangkaian pertanyaan yang diberikan tim Bela Negara yang berada di masing-masing pos. Peserta juga akan dinyatakan gugur jika membocorkan misi rahasia sebelum sampai pada pos terakhir.

Peserta menjawab pertanyaan yang diberikan pada setiap pos

Setelah seluruh peserta melewati enam pos dengan berbagai rintangan, peserta kemudian mengikuti acara Api Semangat Bela Negara yang dipimpin oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso. Pada Api Semangat Bela Negara seluruh peserta mencium Bendera Merah Putih sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dan pembacaan doa, acara tersebut sekaligus menutup rangkaian kegiatan Caraka Malam.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso menyalakan Api Semangat Bela NegaraSambutan Pimpinan acara, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S Soenarso

   Peserta mencium sangsaka Bendera Merah Putih, wujud Cinta Tanah Air

Dengan adanya kegiatan Caraka Malam ini selain untuk membentuk jiwa-jiwa yang mandiri, pemberani dan pantang menyerah diharapkan dengan kemampuan menyimpan rahasia organisasi peserta Pelatihan Dasar CPNS dapat menanamkan loyalitas terhadap Bangsa dan Negara sebagai bentuk Bela Negara.

 

NC/UF