DISEMINASI PROGRAM DAN ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA, PALEMBANG

 Penyerahan plakat oleh Wakil Rektor 3 Unsri

Palembang, 22 Maret 2019 – Dalam rangka mengimplementasikan PP No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS bahwa setiap PNS memiliki hak yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi, Pusat pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaksanakan Diseminasi Program Pusdiklat Kemenristekdikti dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar I Kantor Pusat Administrasi Universitas Sriwijaya Bukit Besar,Palembang pada tanggal 20 sampai dengan 21 Maret 2019

Pada hari pertama, Diseminasi Program Pusdiklat Kemenristekdikti dibuka oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso dan juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Unsri, Dr. dr. H. Muhammad Zulkarnain, M.Med. Sc. Pkk. Dalam sambutannya Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti menyampaikan “setiap ASN harus mengejar hak dalam peningkatan kompetensi, tidak ada alasan untuk menolak atau tidak mau, seperti magang di tempat lain merupakan bagian dari salah satu pelatihan yang bertujuan untuk membentuk kompetensi kelas dunia” ujarnya.

Selanjutnya setelah penyampaian materi dan arahan, Kepala Pusdiklat menerima plakat dari Wakil Rektor 3 Unsri yang disaksikan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Pusdiklat, Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiklat dan seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan.

Acara Diseminasi Program Pusdiklat Kemenristekdikti kemudian dilanjutkan dengan paparan Rencanan Penyelenggaraan Program Pelatihan Tahun 2019 yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat, Ruben Silitonga. Beliau menyampaikan bahwa mulai tahun 2018 sistem penilaian terintegrasi dimana bapak atau ibu turut berperan dalam penilaian peserta. Secara umum terdapat dua diklat, yaitu diklat teknis yang saat ini dilakukan secara simultan dengan diklat pelatihan dasar. Diklat latsar dapat dilakukan secara mandiri oleh Pusdiklat karena sudah terakreditasi, dan untuk mengantisipasi kelonjakan biaya makan Pusdiklat menggunakan sistem menjemput bola, dimana kami akan menyelenggarakan diklat di Kota yang terdapat banyak permintaan peserta pelatihan. Acara diseminasi ini mendapatkan respon positif dari 30 peserta yang terlihat aktif pada saat sesi tanya jawab dalam paparan rencana penyelenggaraan program pelatihan.

 Kepala bidang penyelenggaraan Pusdiklat saat memberikan paparan

 Saat peserta menyampaikan usulan kebutuhan pelatihan

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi, yang dibuka oleh Wakil Rektor 2, Mukhtaruddin. Dalam sambutannya, Mukhtaruddin menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus, karena saat ini kegiatan  yang sifatnya meningkatkan kompetensi dirasa masih kurang dan Mukhtaruddin menambahkan bahwa saat ini Universitas Sriwijaya sedang menyusun buku pedoman integritas untuk pegawainya yang bertujuan agar setiap ruang lingkup memiliki persepsi yang sama tentang suatu aturan di Universitas.

 Wakil Rektor 2 Universitas Sriwijaya membuka kegiatan AKPK

Acara dilanjutkan oleh paparan beliau bahwa masalah yang di hadapi saat ini seperti jabatan tertentu masih ex officio, contohnya jabatan pejabat pembuat komitmen di Universitas yang masih ditempati oleh Wakil Dekan II. Kondisi seperti itu dinilai kurang maksimal dalam menjalankan programnya. Diharapkan dengan adanya pelatihan pejabat pembuat komitmen maka ppk di seluruh fakultas manapun memiliki kompetensi yang sama.

Dengan adanya kegiatan Diseminasi Program Pusdiklat Kemenristekdikti dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi ini diharapkan mampu menampung semua masukan kebutuhan pelatihan yang diperlukan dalam ruang lingkup Universitas, sehingga pelatihan yang akan diadakan tepat sasaran dan dapat membentuk tenaga pengajar dengan kompetensi kelas dunia.

 

                                                                                                                                                                      PT