BERKOBARNYA API SEMANGAT BELA NEGARA PADA CARAKA MALAM ANGKATAN III

Puspiptek, 02 Maret 2019,  Pembina Upacara menyalakan Api Semangat Bela Negara sekaligus menandai telah terselenggaranya kegiatan caraka malam Pada Pelatihan Dasar CPNS Golongan III angkatan III. Kegiatan ini merupakan runtutan dari kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara yang telah berlangsung dua hari sebelumnya.

Pada Sabtu malam tepatnya pukul 19.30 WIB peserta dikumpulkan di halaman Kampus Pusdiklat untuk menerima arahan dari panitia. Sebanyak 40 peserta lengkap dengan atribut untuk mengikuti kegiatan kali ini.

 

Berbeda dengan caraka malam sebelumnya, Jalur yang ditempuh oleh semua peserta kali ini tergolong lebih menantang. Dikarenakan tidak hanya jalur hutan yang harus dilalui namun peserta juga harus menyelesaikan tantangan di dalam Gedung dalam keadaan gelap gulita. Disepanjang jalur, peserta diwajibkan berhenti disetiap pos yang masing-masing terbagi 3 pos didalam Gedung dan 3 pos berada di dalam hutan provinsi Kawasan Puspiptek.

Dalam menyusuri jalur, Pada pos satu sebagai pos Start peserta dilepas untuk berjalan berdua, masing-masing  diberikan satu misi rahasia yang wajib untuk dijaga kerahasiaannya sampai pada pos terakhir, dan apabila misi bocor maka dianggap gugur dalam menjalankan tugas dengan ditandai pemakaian topi terbalik.

Peserta saat berjalan menyusuri rute didalam gedung

Disetiap pos peserta diinterogasi oleh petugas pos untuk digali informasinya terkait misi rahasia yang dibawa.  Selain itu mereka  juga digali pengetahuanmnya sesuai dengan tema di tiap pos. Dimana tema setiap pos merupakan cerminan dari nilai Bela Negara. Antara lain pada pos pertama “Tes Cinta Tanah Air”, pos tiga pos “Kesadaran Bebangsa dan Bernegara”, pos empat pos “Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara”, pos lima pos “Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara”, dan terakhir pos enam sebagai titik akhir perhentian.

Peserta tanda tangan dan mendapat stempel setelah lolos di setiap pos

Peserta berhenti pada setiap pos dan digali informasi dan pengetahuannya tentang nilai-nilai Bela Negara

Prosesi upacara Api Semangat Bela Negara

Peserta mencium Bendera Merah Putih sebagai wujud Cinta Tanah Air

Seluruh rangkaian kegiatan Caraka Malam ditutup oleh Siti Aminah, Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Kemenristekdikti sebagai pemimpin acara disertai dengan pembacaan puisi, pembacaan doa, pembacaan ikrar Bela Negara, dan Penciuman Bendera Merah Putih.

 

UF/IL