BENCHMARKING TO THE BEST PRACTICES DIKLATPIM IV ANGKATAN IV

Bali, 15 Maret 2019 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) Angkatan IV sejak tanggal 6 Februari s.d. 18 Juni 2019 bagi 40 orang pejabat eselon IV di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan Diklatpim IV ini bertujuan untuk membekali para peserta untuk menjadi pemimpin perubahan yang mampu berinovasi dan membuat proyek perubahan di tempat kerjanya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam membuat proyek perubahan tersebut para peserta harus memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif. Untuk itu, diselenggarakan kegiatan Benchmarking to Best Practices dengan tujuan Bali.

Lokasi Benchmarking pertama adalah PT Angkasa Pura 1, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pemilihan BANDAR Udara I Gusti Ngurah Rai sebagai salah satu lokasi Benchmarking adalah raihannya sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian PAN RB pada tahun 2016.

Pada kunjungan Benchmarking tersebut, rombongan disambut oleh Co-Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I gusti ngurah rai  Rahmat Adil Indrawan serta Commercial Operation Manager Heru Nugroho. Pada sambutannya, Rahmat menyampaikan bahwa Angkasa Pura I mengadopsi konsep airport retail untuk Bali Airport. Melalui konsep ini Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai mendapatkan “kado tahun baru” oleh Airport Council International (ACI), dengan dinobatkan sebagai bandara nomor dua terbaik di dunia dalam pelayanan untuk kelas kunjungan 15–20 juta penumpang per tahun. “Inovasi itu tidak bisa berhenti disatu tempat, harus terus dilanjutkan.” Tambahnya

 Penyampaian company profile oleh Heru Nugroho

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Kapusdiklat, Wisnu S. Soenarso. Wisnu menyampaikan bahwa peserta sebagai pemimpin perubahan agar memperhatikan budaya dan etos kerja di AP1, memlihat dan kemudian mengimplementasikannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tour di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai, terutama pada terminal keberangkatan International yang merupakan fokus utama dari airport retail PT. Angkasa Pura I.

 Kapusdiklat bersama dengan Ni Puti Dessy Dharmayanti

Pada hari ke-2, rombongan peserta Diklatpim IV Angkatan IV berkunjung ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung yang pada tahun lalu mendapatkan penghargaan dari Menteri Pan dan RB pada bidang penyelenggaraan pelayanan publik dengan katergori sangat baik.

Rombongan peserta diklatpim IV Angkatan IV disambut oleh Ni Puti Dessy Dharmayanti mewakili Bupati Badung, dalam sambutannya memaparkan 5 sektor unggulan yang diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Badung yaitu:

  1. pangan, sandang dan papan

program bedah rumah bagi warga kabupaten Badung

  1. pendidikan dan kesehatan;

Pemerintah menyediakan laptop untuk digunakan oleh siswa SMP dan SMA

  1. jaminan social dan tenaga kerja

Santunan terhadap Lansia setiap bulannya

  1. agama adat seni dan budaya;

Bantuan dana untuk perawatan tempat-tempat ibadah seperti dapura, masjid, dan gereja

  1. pariwisata    Peserta mengunjungi rumah hijau (tempat daur ulang sampah)

    Peserta benchmarking dibagi kedalam 4 kelompok kecil kemudian melakukan kunjungan ke masing-masing 1 locus, locus tersebut adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Kesehatan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pada kunjungan ini peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menggali ilmu sebanyak mungkin dengan masing-masing pejabat pada Dinas terkait.

     

                            NF / HS