SERUNYA KEGIATAN KESIAPSIAGAAN BELA NEGARA PADA PELATIHAN DASAR CPNS GOL. III ANGKATAN I 2019

Tangerang Selatan, 16 Februari 2019, Sebanyak 40 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Golongan III Angkatan I tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengikuti materi kesiapsiagaan bela negara yang dilaksanakan  3 hari (14-16/02). Pelaksanaan materi ini merupakan perwujudan dari pasal 5 Ayat 1(poin a.), Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018, Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

Pada sesi kegiatan selama tiga hari ini, selain didampingi oleh Tim Bela Negara Pusdiklat, namun juga didampingi dari tim Resimen Induk Kodam (Rindam) Jaya, antara lain Mayor Fajar, Sersan Mayor Fajar, Sersan 2 Mulyadi dan Sersan 1 Alim yang secara bergantian melaksanakan keseluruhan agenda pelatihan Kesiapsiagaan dan Bela Negara di lapangan Puspiptek Serpong.

Hari pertama(14/02), peserta Latsar diajak untuk mengenal Mars Bela negara, menguji kreatifitas peserta dengan membuat gerakan senam Gemufamire, melatih ketangkasan peserta dengan latihan baris-berbaris, kecerdasan mental dan kesehatan fisik, kemudian diakhiri dengan permainan kewaspadaan dini( fungsi fungsi intelijen dan  Badan Pengumpul data) yang bisa melatih kecermatan dalam mencari maupun menerima informasi.

Latihan gerakan jalan ditempat saat sesi baris-berbaris

Penampilan gerakan senam gemufamire(kiri) & keseriusan peserta saat memerankan sebagai intelijen(kanan)

 

Hari kedua(15/02), Peserta terlihat antusias mengikuti materi teori dan praktek Tata upacara dan keprotokoleran yang diselingi dengan beberapa permainan yang mendukung nilai-nilai bela negara.

Teori dan praktek tentang Keprotokolan dan TUS disampaikan oleh Lalang Saksono, salah satu anggota  Tim Bela Negara Pusdiklat Kemenristekdikti, yang sebelumnya telah mengikuti diklat Bela Negara di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan) di rumpin, Bogor.

Lalang Saksono menyampaikan materi teori keprotokolan

Permainan bola galah(kiri) & Permainan puzzle Bela Negara (kanan)

Hari ketiga(16/02), Peserta mengikuti Kegiatan Caraka Malam di kawasan Puspiptek Serpong. Dalam kegiatan ini, peserta berjalan menelusuri enam pos yang terletak di dalam hutan Kebun Provinsi Kawasan Puspiptek dalam keadaan gelap dan sunyi. Peserta diberikan satu misi rahasia yang harus dihafalkan dan dijaga kerahasiaannya hingga sampai pada pos terakhir. Terdapat enam pos dan tiga pos bayangan yang dilalui peserta. Jika peserta tidak dapat menyimpan misi rahasia tersebut sampai di pos terakhir, maka peserta dinyatakan gugur dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Peserta mengikuti kegiatan api semangat bela negara

Wisnu S. Soenarso menjadi pembina dalam kegiatan api semangat bela negara

Rangkaian Caraka Malam ditutup dengan Api Semangat Bela Negara yang dipimpin oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso.

 

RM/NC/IL