PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III ANGKATAN I DAN II TAHUN 2019 DI BPSDM PROVINSI BALI

Denpasar, 8 Februari 2018. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan I dan II tahun 2019 di BPSDM Provinsi Bali. Pelatihan dasar CPNS Golongan III pola kontribusi Provinsi Bali angkatan I dan II tahun 2019 yang berlangsung selama 51 hari mulai pada tanggal 8 Februari s.d 13 April 2019  dibuka secara resmi oleh Dr. Ida Bagus Sedhawa, SE., M.Si sebagai Kepala BPSDM Provinsi Bali pada hari Jumat, 8 Februari 2019 di Ruang Melati BPSDM Provinsi Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh Wisnu S. Soenarso Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Ruben Silitonga Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, perwakilan dari perguruan tinggi yang dihadiri oleh I Ketut Amage sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Udayana, I Made Raka sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan ISI Denpasar, I Ketut Sukayasa sebagai Wakil Direktur II Politeknik Negeri Bali, dan Kepala subbag Tenaga Pendidik Universitas Pedidikan Ganesha, Para Widyaiswara BPSDM Provinsi Bali dan juga peserta sebanyak 80 orang. Peserta Pelatihan dasar CPNS berasal dari 13 perguruan tinggi yaitu ISI Denpasar 3 orang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 3 orang, Politeknik Negeri Banyuwangi 7 orang, Universitas Negeri Malang 6 orang, Universitas Nusa Cendana 12 orang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 6 orang, Universitas Pendidikan Ganesha 10 orang, Universitas Timor 15 orang, Universitas Udayana 11 orang, Politeknik Negeri Bali 3 orang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya 2 orang, Universitas Mataram 1 orang, dan Institut Teknologi Sepuluh November 1 orang. Kegiatan diawali laporan peserta latsar, menyanyikan lagu Indonesia Raya, do’a, penyematan tanda peserta, janji peserta, laporan panitia, sambutan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, dan sambutan Kepala BPSDM sekaligus membuka pelatihan dasar CPNS Golongan III pola kontribusi angkatan I dan II tahun 2019.

Foto bersama dengan peserta Latsar CPNS Angkatan II

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti menyampaikan bahwa peserta pelatihan dasar CPNS harus mengikuti segala peraturan yang berlaku di BPSDM Provinsi Bali, selama proses pelatihan peserta perlu melepaskan atribut sebagai dosen beserta gelarnya, dan siap untuk dibentuk karakternya selama proses pelatihan sehingga setelah proses pelatihan berakhir benar-benar terbentuk karakter ASN yang mengabdi kepada masyarakat. Kepala Pusdiklat menyampaikan ucapan selamat kepada peserta Latsar juga menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ada sebanyak 800 CPNS di seluruh Indonesia diikutkan oleh Pusdiklat pada Pelatihan dasar CPNS tahun 2019, namun masih ada 200an peserta yang belum dapat dilatsarkan karena alasan teknis keterbatasan tempat pelaksanaan sehingga peserta latsar yang mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan agar memanfaatkan dengan baik kesempatan yang diberikan. Kepala Pusdiklat menitipkan peserta latsar kepada Widyaiswara dan TNI dari Rindam agar dapat digembleng supaya terbentuk karakter yang baik selama pelatihan. Pada kesempatan ini juga Kepala Pusdiklat menyampaikan kepada perwakilan perguruan tinggi agar pada masa habituasi peserta latsar dapat diberikan tambahan ilmu yaitu tugas administrasi persuratan maupun keuangan karena akan masuk dalam penilaian kompetensi bidang sebesar 20%  yang akan diakumulasikan dengan nilai evaluasi lainnya. Kepala Pusdiklat berpesan agar peserta aktif dalam proses pembelajaran, serta menjaga sikap dan perilakunya selama pelatihan karena sikap dan perilaku menjadi salah satu penilaian bagi peserta. Kepala Pusdiklat memberi perintah agar seluruh peserta dapat lulus dengan kategori ‘memuaskan’ dengan nilai di atas 90. Pada akhir sambutannya, Kepala Pusdiklat menitipkan sebanyak 80 peserta kepada Kepala BPSDM agar dibina dan dibentuk karakternya selama proses pelatihan.

Kepala BPSDM Dr. Ida Bagus Sedhawa, SE., M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan dasar CPNS pola kontribusi angkatan I dan II tahun 2019. Dalam sambutannya Kepala BPSDM menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta dan berharap pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan cakrawala berpikir jernih bagi peserta dalam menjalankan tugas dikemudian hari. Pesan Kepala BPSDM agar peserta pelatihan dasar CPNS agar dapat meningkatkan kualitas diri dan mampu menunjukkan kinerja yang professional dan akuntabel sehingga dapat tercipta pelayanan yang prima kepada masyarakat. Jadilah PNS dengan bekal kompetensi dan integritas moral sehingga peserta dapat menjadi PNS yang kompeten, professional dan kompetitif serta inovatif. Kepala BPSDM berharap agar seluruh peserta tidak berhenti menggali ilmu pengetahuan, meningkatkan kualitas diri dan mengikuti perubahan secara terus menerus, serta terus berinovasi secara professional. Kepala  BPSDM mengingatkan peserta agar ikut menjaga kebersihan, sopan santun, etika selama proses pelatihan. Kepala BPSDM menyampaikan bahwa Beliau bersama jajarannya dan juga para widyaiswara siap untuk membentuk karakter (character building) peserta selama proses pelatihan, dan Kepala BPSDM juga berpesan agar peserta perlu menjaga kesehatan karena setelah proses pelatihan selesai kesehatan jasmani akan mengantarkan peserta untuk menjadi PNS 100%. Diakhir sambutanya Kepala BPSDM dengan resmi membuka pelatihan dasar CPNS.

Setelah kegiatan pembukaan pelatihan dasar CPNS, Kepala Pusdiklat memberikan materi Muatan Teknis Substantif Lembaga (MTSL).

 

SSS