LAUNCHING HAKTEKNAS KE-24, “ERA MILENIAL MEMBANGUN NEGERI”

Provinsi Bali dipilih menjadi tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019. Sebagai awal dari rangkaian kegiatan peringatan Hakteknas yang puncaknya akan berlangsung pada Agustus 2019, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan acara Launching Hakteknas ke-24 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Kota Denpasar Provinsi Bali, Kamis 21 Februari 2019.

Launching Hakteknas ke-24 ini dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Tidak hanya itu Direktur Jenderal, Eselon I dan II Kemenristekdikti, Pejabat Pemerintahan Provinsi Bali, Pejabat Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Bali, serta sekitar 50.000 mahasiswa perguruan Tinggi di Bali juga turut hadir memeriahkan acara tersebut. Pada Hakteknas tahun ini Kemenristekdikti menggambil tema “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0” dengan sub tema “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Daerah”.

Dalam sambutannya Mohammad Nasir menyampaikan alasan dipilihnya Bali sebagai tuan rumah Hakteknas ke-24 Tahun 2019. “Dalam perkembangan teknologi pada era ini adalah era milenial, era anak muda untuk membangun negeri ini. Oleh karenanya menjadi sangat penting bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru yang ada di wilayah Bali ini. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini yaitu Inovasi Kemandirian dan Industri Kreatif 4.0, Bali adalah kota wisata dan destinasi wisata dunia sehingga industri kreatif menjadi sangat penting untuk memajukan ekonomi yang ada di wilayah Bali ini” paparnya.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir memberikan sambutan

Sementara itu, I Wayan Koster mengatakan bahwa dalam rangka mendukung perkembangan Revolusi Industri 4.0, mulai tahun ini Provinsi Bali memasang 1.680 wifi gratis diseluruh desa, puskesmas, destinasi wisata, dan sekolah-sekolah yang ada di Bali. “Ini sebagai wahana bagi generasi muda untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan berinteraksi dengan masyarakat untuk memajukan dan mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di desanya juga mempromosikan industri lokal yang ada di Bali baik sangan, pangan, maupun seni kerajinan tangan” ujarnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster

Acara Launching ini dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari Universitas Warmadewa Bali dan juga senam Poco-poco dan Maumere oleh seluruh Mahasiswa se-Provinsi Bali. Launching Hakteknas ke-24 ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Gubernur Bali dan didampingi oleh Wakil Gubernur Bali, Kepala LLDIKTI VIII, Sekjen Kemenristekdikti, dan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti.

Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional dan merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Diharapkan dengan adanya peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini dapat mendorong kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Penampilan Marching Band dari Universitas Warmadewa Bali

Senam poco-poco dan Maumere yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa se-Provinsi Bali, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta para tamu undangan yang hadir

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Gubernur Bali dan didampingi oleh Wakil Gubernur Bali, Kepala LLDIKTI VIII, Sekjen Kemenristekdikti, dan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti menyapa dan bersalaman dengan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Bali.

 

NC