“DIKLAT TEKNIS PEMBENTUKAN AUDITOR AHLI RESMI DIBUKA”

Bogor, 29 Januari 2019 Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan  Pengawasan (Pusdiklatwas) BPKP Djoko Prihardono, secara resmi membuka diklat Auditor Ahli yang dilaksanakan di Hotel New Ayuda Dua Bogor.

Diklat Auditor Ahli 2019 terlaksana atas kerja sama Pusdiklat Kemenristekdikti dan Pusdiklatwas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang ditandai Dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antar kedua pihak.

(Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pusdiklat Kemenristekdikti dengan Pusdiklatwas BPKP)

Pembukaan ini turut dihadiri Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso, dan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti Yusrial Bachtiar. Di hadapan  sebanyak 39 peserta Wisnu S. Soenarso memberikan sambutan lalu mengajak kepada peserta agar semangat dan serius selama mengikuti pelatihan, karena pada akhir diklat akan ada ujian sertifikasi yang harus siap dihadapi.

Sebelum meresmikan pelatihan, Djoko Prihardono memberikan sambutan kepada peserta agar menjadi pribadi yang mudah bergaul dan menjadi pendengar yang baik. “kita sebagai Auditor pasti akan bekerja secara team karena itu kita mesti bisa bergaul, dan tentu kita juga harus bisa menjadi pendengar yang baik”. Ucapnya.

Peserta yang mengikuti Diklat Auditor Ahli ini semuanya berasal dari lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan dilaksanakan mulai tanggal 29 Januari s.d 14 Februari 2019. Selain itu kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi Auditor Berbasis Komputer (USABK) pada tanggal 15 dan 16 Februari 2019.

Menurut Wahyu Trianingsih selaku panitia penyelenggara dari Pusdiklatwas BPKP, “Sebelumnya mereka sudah mengikuti diklat E-Learning pada tanggal 07 s.d 21 Januari kemarin”. ucapnya.  Hal ini sesuai dengan SK Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor BPKP nomor S-40/JF/1/2019 tanggal 4 Januari 2019 mengenai Penetapan Peserta E-Learning dan Diklat Tatap muka (classroom) Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Ahli di lingkungan Kementerian Ristekdikti.

Pelaksanaan diklat nanti tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun para peserta juga akan diajak untuk bermain Outbound/dinamika kelompok. “Selain belajar di dalam kelas, nanti peserta juga diajak bermain outbound untuk menumbuhkan rasa kerjasama team dari masing-masing peserta” imbuhnya.

(Foto bersama dengan peserta Diklat Pembentukan Auditor Ahli)

 

-IL