Diklat Bendahara Pengeluaran IV Menjadi Akhir Pelatihan Keuangan di 2018

Pekanbaru, 30 November 2018 – Sebanyak 13 orang dari 28  peserta lulus mengikuti Ujian sertifikasi Bendahara Pengeluaran Angkatan IV. Banyak peserta yang tidak lulus Ujian Sertifikasi gagal dalam tes komperehensif yang di laksanakan sebelumnya (Jumat, 30/11 08.00 WIB).

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mengikuti Ujian Sertifikasi peserta harus terlebih dahulu mengikuti ujian Komperehensif dengan dengan nilai minimal 6000.

Menurut salah seorang peserta bernama Danang dari Politeknik Maritim Negeri Indonesia, yang berhasil lulus  Ujian Sertifikasi mengakui jika tipe soal dari Ujian Komperehensif memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding Ujian Sertifikasi.  “Jujur kalau dari tingkat kesulitan, jauh lebih sulit Ujian Komperehensif”, ungkap Danang.

Pelatihan dan Ujian Sertifikasi kali ini Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Pekanbaru yang telah dilaksanakan mulai tanggal 25 s.d 30 November 2018.

Pelaksanaan Pelatihan di angkatan V tampak sedikit berbeda dengan pelatihan-pelatihan Bendara Pengeluaran yang sebelumnya. Yaitu satu minggu sebelum pelaksanaan pelatihan, Peserta di undang untuk mengikuti kelas online dengan memanfaatkan platform milik Google yang bernama Google Classroom. Melalui media Ini peserta diberikan materi-materi dan contoh soal yang secara garis besar menjadi  bahan untuk pelatihan satu minggu mendatang.

“Saya sangat setuju dengan penggunaan Google Classroom, karena bermanfaat memberikan gambaran saya mengenai materi apa saja yang akan dilatihkan nanti.” Ujar Nur Aini peserta dari Universitas samudera.

Selain itu Danang juga sangat mengapresiasi langkah dari Pusdiklat mengadakan kelas online untuk para peserta yang akan mengikuti pelatihan Bendahara Pengeluaran kali ini. Seperti yang disampaikannya, “ saya mengepresiasi Pusdiklat, dimana sebelum pelatihan dikelas dikirimkan materi-materi yang berkenaan dengan bendahara pengeluaran”. “itu sangat membantu kita di Satker-satker untuk lebih memahami seperti apa bentuk pelatihannya nanti”. Ungkap Danang.

 Indra L & Rio K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =