TRAINING FIELD COACHES BATCH 1 FOR MAKING INDONESIA 4.0

     Jakarta, 2 November 2018.  Dalam menghadapi perubahan era revolusi industri 4.0, Pemerintah Indonesia melaksanakan program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia guna meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Presiden Republik Indonesia telah membentuk Kelompok Kerja Nasional Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia Dalam Rangka Making Indonesia 4.0, sebagai Koordinator ditunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir sebagai Ketua Tim Pelaksana, dan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, Agus Widjojo sebagai Ketua Harian.

Foto dokumentasi Pusdiklat. Penyampaian Materi Theory U oleh Pengajar dari UID, Frans Sugiarta

     Salah satu bentuk kegiatan dalam program tersebut adalah menyelenggarakan Training Field Coaches yang bekerjasama dengan lembaga non-profit yaitu United In Diversity (UID) dengan Marie Elka Pangestu sebagai Presiden UID, untuk menghasilkan tenaga trainer sebagai agen perubahan kapasitas pemimpin di Indonesia.

     Kegiatan Training Field Coaches Batch 1 diselenggarakan dalam 3 kali pertemuan, yaitu tanggal 12 – 14 September 2018, 1 – 3 Oktober 2018, dan tanggal 31 Oktober – 2 November 2018, dengan jumlah peserta  40 orang yang berasal dari berbagai instansi pemerintah maupun non pemerintah, antara lain, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Pendidikan Polri, Arsip Nasional Republik Indonesia, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Aneka Tambang Tbk, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, PT. Qumpoolan Indonesia, dengan penyampaian materi antara lain 1) Theory U, 2) System Thinking, dan 3) Literasi Data, Teknologi, dan Manusia, dan beberapa materi terkait lainnya.

Penutupan Training of Trainers Batch 1 dilaksanakan di Ruang Konstitusi, Gedung Trigatra, Lemhannas Republik Indonesia, turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Pengarah, yang diwakili oleh Sekretaris Menko Bidang Kemaritiman, Ketua Tim Pelaksana, yang diwakili oleh Kepala Pusat Diklat Kemenristekdikti, Ketua Harian Gubernur Lemhannas, serta Presiden United In Diversity.

Foto dokumentasi Pusdiklat Kemenristekdikti. Penyampaian Sambutan Ketua Tim Pelaksana yang diwakili oleh Kepala Pusat Diklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso

     Dalam sambutan penutupan acara, Ketua Tim Pelaksana yang diwakili oleh Wisnu S. Soenarso sebagai Kepala Pusat Diklat Kemenristekdikti menyampaikan bahwa program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia ini tidak mungkin bisa dilakukan oleh masing-masing kementerian, lembaga, serta organisasi lainnya, sehingga memerlukan kolaborasi dan koordinasi berbagai pihak terkait lainnya.

     Pada akhirnya peserta sebagai trainer agen perubahan kapasitas pemimpin di Indonesia, diharapkan dapat mendukung Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia menuju Making Indonesia 4.0.

Ahmad Bagus Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − two =