Latsar Golongan III Angkatan I Resmi Ditutup

     Tangerang Selatan, Rabu 14 November 2018 – Seluruh rangkaian Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III angkatan I yang telah berlangsung sejak tanggal 2 Juli s.d 14 November 2018 resmi ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti), Wisnu S. Soenarso.

     Sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari 15 Pergururuan Tinggi, termasuk diantaranya 5 orang Calon Widyaiswara Pusdiklat telah mengikuti 1141 jam pelatihan yang terdiri dari on kampus selama 33 hari yang diakhiri dengan presentasi rancangan aktualisasi, off kampus 80 hari dan kemudian kembali lagi ke kampus (on-2) untuk mempresentasikan hasil aktualisasinya di hadapan penguji dan mentor yang umumnya merupakan atasan langsung di instansinya masing-masing.

     Acara penutupan juga dihadiri oleh 5 orang widyaiswara dan pejabat struktural Pusdiklat yang diawali dengan penyampaian laporan dari kepala bidang penyelenggara, Ruben Silitonga yang juga menyampaikan hasil evaluasi kelulusan peserta. Dari evaluasi, dinyatakan bahwa sebanyak 38 orang peserta dinyatakan lulus sementara 2 orang peserta ditunda kelulusannya dan diberikan waktu paling lambat dua minggu untuk menyelesaikan kewajibannya. Selanjutnya diumumkan juga 3 peserta terbaik berturut-turut: Fitri Faradilla (universitas Halu Oleo), Ide Pustaka Setiawan (Universitas Gajah Mada) dan Heriansyah Putra (IPB). “Semoga pengetahuan yang telah diperoleh dapat terus diaktualisasikan dan menjadi habituasi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pelaksanaan tugas” tuturnya sebelum mengakhiri laporannya.

 

 

Menandai selesainya program diklat, Kepala Pusdiklat menanggalkan bed tanda peserta secara simbolis yang diikuti oleh seluruh peserta. Dalam sambutannya, Kepala Pusdiklat menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang pada akhirnya menyelesaikan proses pelatihan untuk jadi PNS dan semoga bisa menyelesaikan tes selanjutnya yaitu kesehatan agar dapat menjadi PNS di tahun ini “Selamat dan sukses menjalankan nilai-nilai PNS dan menjadi agen perubahan di lingkungan kerja Saudara.”

     Pada kesempatan terpisah, Fitri Faradilla, peringkat pertama sebagai peserta terbaik menyatakan kepuasannya selama mengikuti diklat dan mendapat bersyukur sekali atas ilmu dan pengetahuan yang diberikan selama pelatihan. Menurut Fitri, seminar aktualisasi dapat dilakukan dengan metode lain seperti video converence untuk menekan biaya yang tinggi karena harus kembali juga bersama mentor.

Roma Mantin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =