HUT Korpri ke-47: “Korpri yang Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa”

     Jakarta, 29 November 2018. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merayakan HUT yang ke-47. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara yang dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta. Dalam pidatonya tersebut presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara yang telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran Aparatur Sipil Negara juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

     Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman. Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

     Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, beliau meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, beliau yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

     Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakhruloh dalam acara tersebut mengatakan bahwa, “Kami menunggu hadiah dari bapak, salah satu hadiah yang sudah dinanti-nantikan oleh aparatur sipil negara seluruh Indonesia adalah peraturan pemerintah tentang organisasi Korpri”. Menurut Zudan, saat ini peraturan itu sedang dalam proses finalisasi. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ini berharap, Presiden Jokowi segera menandatangani aturan itu apabila drafnya sudah rampung. Beliau melanjutkan juga bahwa “Apabila peraturan pemerintah ini sudah selesai, Bapak boleh percaya pada kami Korpri akan terbang lebih tinggi, berlari lebih cepat dan akan melompat lebih jauh lagi”. Dalam kesempatan itu, Zudan juga meminta maaf apabila masih banyak ASN yang bekerja belum sesuai dengan harapan.

     Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara, yang merupakan Ketua Panitia Nasional HUT Korpri ke-47 mengatakan, generasi milenial digandeng untuk membangun karakter bangsa. Menurut Ukus, para milenial perlu dilibatkan karena mereka dinilai lebih melek terhadap perkembangan teknologi. Karenanya, mereka dapat berkontribusi menyampaikan informasi dengan tepat melalui media sosial. Dalam acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan tarian dari mahasiswa, pelajar, dan komunitas tari yang mengenakan busana dari berbagai wilayah di nusantara.

     Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti yang mempunyai tugas melaksanakan program dan evaluasi pendidikan dan pelatihan, serta penyelenggaraan pelatihan memiliki peranan yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan kompetensi SDM sebagai bentuk pelayanan di lingkungan Kemenristekdikti, termasuk di perguruan tinggi. Sesuai Permenristekdikti No. 10 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat di Lingkungan Kemenristekdikti, Pusdiklat dapat menyelenggarakan pelatihan secara mandiri maupun bekerjasama dengan instansi pembina dan lembaga diklat terakreditasi, unit kerja dan satuan kerja di lingkungan kemenristekdikti, serta instansi terkait lainnya.

     Keikutsertaan Pusdiklat dalam pelaksanaan upacara HUT Korpri yang ke-47 merupakan suatu bentuk peran serta dan keterlibatan dalam mensukseskan serangkaian acara HUT Korpri yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 29 November 2018.

 

Albertus Nur Cahya Nugraha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − three =