“Training Public Speaking and Communication Skill” Pusdiklat Kemenristekdikti

     Jakarta, 29 Oktober 2018- Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking yang dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Senin 29 Oktober 2018 sampai dengan Rabu 31 Oktober 2018 di Hotel Mercure JL. H. Agus Salim No. 11 Jakarta Pusat.

     Pelatihan Public Speaking yang bekerja sama dengan Alvin Adam School of Communication ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pegawai di bidang pelayanan informasi.

     Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir. Wisnu S. Soenarso, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting karena Pusdiklat sendiri adalah bagian dari pelayanan. Sehingga untuk melayani kita perlu tahu bagaimana kita dapat berbicara di depan khalayak ramai, bicara dengan tidak gagap, tepat, dan ada tujuannya. “Biasanya orang lebih bisa mendengar tetapi tidak meresapi maksudnya, sama seperti berbicara sekeluarnya saja sedangkan topik dan maksudnya tidak tersampaikan. Oleh karena itu pelatihan ini sangat penting dan wajib diikuti sampai selesai, agar peserta dapat terbiasa berbicara dengan baik” ujarnya.

 

       Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang yang merupakan pegawai Pusdiklat, Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, dan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.

     Rangkaian kegiatan Pelatihan Public Speaking ini dimulai dengan Sharing Session “Communication is About Sense” oleh Alvin Adam yang merupakan pemilik dari Alvin Adam School of Communication. Alvin menjelaskan “komunikasi sangat penting terutama pada sebuah perusahaan pelayanan seperti Pusdiklat ini, karena setiap orang di suatu perusahaan adalah Sales, Public Relations dan Marketing bagi perusahaan tersebut. Oleh karenanya kita harus melakukan sesuatu yang berbeda kita harus merubah pola pikir agar kita dapat memberikan layanan yang prima.”

     Kegiatan dilanjutkan dengan paparan tiga materi lainnya diantaranya; The Nature of Service yang meliputi pembahasan mengenai mengetahui service level dinamis, service from the heart, dan Effective Customer Communications. Kemudian Xtra Mile yang meliputi pembahasan mengenai meningkatkan service di setiap touch point anda, managing the service, dan empati dan simpati.

     Pada hari kedua, akan dilanjutkan materi mengenai Effective Communications, Practice Make Perfect, Gesture for Maximum Impact, dan Grooming and Positive Attitude. Di hari terakhir, peserta juga akan mempresentasikan hasil implementasi teori dan konsep sejak hari pertama, pembahasan dan umpan balik dari fasilitator.

     Melalui pelatihan Public Speaking ini, peserta dapat mempelajari tentang bagaimana menciptakan nilai baru untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, mempelajari lebih jauh tentang Service, juga bagaimana bagaimana menciptakan layanan WOW.

Nataya Carmendhira

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =