PIF hari kedua dibanjiri anak sekolah

Tangerang Selatan, 28 September 2018 – – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) dari pagi sudah dipadati pengunjung yang ingin mengikuti acara senam pagi bersama, talkshow atau sekedar melihat pameran dalam rangkaian acara PIF (Puspiptek Innovation Festival) 2018. Acara senam pagi bersama ini juga dihadiri oleh pengunjung dari luar dan tidak hanya untuk pegawai yang bekerja di lingkungan Puspiptek saja, misalnya saja Bapak Sarmijo sengaja membawa istri dan satu orang putranya untuk olahraga “luar biasa.., kami semangat untuk ikutan acaranya PIF, semuanya dapat kaos dan topi” katanya setelah ikut senam zumba sambil membenahi barang-barangnya untuk kemudian keliling ke arena pameran.

Lokasi pameran juga sudah dipadati pengunjung dari rombongan sekolah sekolah yang ada di sekitar Tangerang Selatan dari, SMP, SD dan bahkan Taman Kanak-kanak, SD Negeri Puspiptek misalnya, murid-murid sengaja diajak gurunya untuk study tour ke acara PIF.


Tempat yang paling menarik perhatian adalah LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Selain talkshow, disajikan juga sebuah planetarium mini sebagai sarana edukasi tentang keantariksaaan bagi masyarakat umum. Obaservatorium dari LAPAN sudah dibuka selama pameran jam 09.00 – 15.00 WIB.

Asean-India Innovation Platform (AIIP) juga menyelenggarakan workshop, kompetisi dari inovasi-inovasi hasil penelitian perorangan atau tim. Ada 30 inovator yang berasal dari negara-negara Asean dan India, seperti delegasi dari negara Vietnam yang mempresentasikan “Easy Watering Plan” sementara dari Indonesia tampil juga dari mahasiswa Universitas Hasanuddin dengan inovasi “sensor treatment”

Ajang kompetisi ini diharapkan dapat menjadi “start-up”, perusahaan pemula, perusahaan baru yang akan berkembang dengan dukungan dari pemerintah dan perusahaan belar. Hal ini senada dengan yang disampaikan Sri Setiawati, Kepala Puspiptek yang ditemui disela-sela waktunya saat melihat ruangan workshop “semua orang datang ke PIF berinteraksi membangun ekosistem untuk berinovasi” imbunnya. Masih pada kesempatan yang sama, Kepala Puspiptek mengajak semua masyarakat untuk datang dan menyaksikan PIF 2018 yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 27 September 2018, lagi ditambahkan “semua orang harus kreatif dalam ide-ide dan tak ada lagi hambatan untuk terus berinovasi, inovasi yang tak terbatas”.

Roma Mantin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =