Kepala Pusdiklat Menutup Kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Analisis Jabatan

Semarang, 31 Agustus 2018 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menghadiri penutupan kegiatan penyelenggaraan Pelatihan Analisis Jabatan yang berlokasi di Hotel MG Setos, Semarang. Pelatihan ini diselenggarakan selama satu minggu yang dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 31 Agustus 2018.

Pelatihan ini diikuti oleh para peserta dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berada di lingkungan Kemenristekdikti. Dalam penyelenggaraan pelatihan ini Pusdiklat bekerjasama dengan Pusat Pengembangan ASN BKN yang berada di Ciawi, Bogor. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 orang, sedangkan Pemateri pada pelatihan ini disampaikan oleh Widyaiswara yang sesuai dengan keahkiannya berdasarkan pelatihan yang di selenggarakan.

Seno Hartono, salah satu Widyaiswara yang memberikan materi pada hari ini memberikan penjelasan bahwa analisis jabatan sangat penting dalam organisasi untuk menempatkan pegawai pada suatu jabatan tertentu. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap materi yang disampaikan dan dapat bermanfaat terhadap tugas pokok dan fungsi para peserta di dalam pekerjaannya masing – masing. Kesan yang di peroleh beliau terhadap Pelatihan ini adalah bahwa selama memberikan materi pada pelatihan ini para peserta sangat senang, semangat dan pro aktif, hal ini di dapat di lihat dari hasil praktek yang dilaksanakan selama mengikuti pelatihan.

Sedangkan pada kesempatan lain, Ade Susanti Karmen salah satu peserta mengungkapkan pengalamannya selama mengikuti pelatihan ini sangat membantu untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah di dapatkan, menurutnya pelatihan ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi. Harapan beliau selama mengikuti pelatihan ini apabila ada kesempatan kembali agar mengikuti pelatihan ini terus menerus dan berkesinambungan agar dalam melaksanakan amanah pemerintah terhadap reformasi birokrasi dan pembekalan ASN untuk lebih baik lagi.

Di sela – sela penutupan, Kapusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soeharso memberikan arahan bahwa pelatihan ini sangat berkaitan dengan Undang – Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Tujuannya adalah untuk melaksanakan Birokrasi yang bersih dan berkompeten. Beliau berpesan kepada seluruh peserta agar setelah mengikuti pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan, karena ini kaitannya dengan kompetensi pegawai. Untuk para peserta akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Pusdiklat Kemenristekdikti.

Kegiatan pelatihan ini secara resmi di tutup oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso.

 

Uyat Fitriatna/Siti Aminah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =