Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional

     Jakarta, 29 Agustus 2018 – BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggng jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi rakyat Indonesia terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS, TNI/Polri, Veteran, dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa. Salah satu program dari BPJS adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

     JKN adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan dan perlindungan kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang mebayar iuran setiap bulan. Mengingat betapa pentingnya keikutsertaan dalam program JKN ini untuk setiap Pegawai Negeri Sipil serta terdapat beberapa Pegawai Pusdiklat terutama Calon Pegawai Negeri Sipil yang belum terdaftar sebagai peserta program tersebut, maka Pusdiklat melaksanakan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diisi langsung oleh tim BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat.

     Sosialisasi yang dilaksanakan pada Selasa 28 Agustus 2018 bertempat di kantor Pusdiklat Kemenristekdikti ini diikuti oleh seluruh pegawai Pusdiklat. Acara dimulai dengan pemberian sambutan oleh Kepala Pusdiklat Wisnu S. Soenarso, dilanjutkan pemaparan program oleh perwakilan BPJS, pada sesi ini dijelaskan tentang program, persyaratan, tata cara pendaftaran dan keuntungan yang akan didapatkan oleh anggotanya.

     Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh peserta sosialisasi kepada perwakilan tim BPJS. Pada kesempatan ini, para peserta sosialiasasi juga diajarkan cara menggunakan aplikasi mobile JKN yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan status keaktifan anggota serta dapat digunakan untuk melakukan perubahan data, seperti perubahan faskes tingkat pertama.

Nindy Flawerina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − three =