Pelatihan Keuangan : Dari Perencanaan Hingga Penyusunan Laporan

     Bali, 3 Agustus 2018 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Angkatan II dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Angkatan III yang diselenggarakan di Sense Sunset Hotel Seminyak Bali.

     Pelatihan perencanaan dan penganggaran dan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual ini memiliki keterkaitan. Setiap staf atau pejabat pengelola keuangan disarankan untuk mengikuti pelatihan ini agar kompetensi yang dimiliki dapat ditingkatkan.

     Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Angkatan II diikuti oleh 38 orang Sedangkan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Angkatan III diikuti oleh 35 orang peserta.

     Bambang Sancoko, salah satu widyaiswara yang mengajar mata diklat perencanaan dan penganggaran mengatakan pelatihan ini mempunyai manfaat memberikan kompetensi dari pejabat perencana keuangan agar dapat menyusun anggaran dengan tepat dan benar, sasaran peserta adalah pejabat yang mengelola keuangan di instansi masing-masing. “Saya berharap kedepannya pelatihan ini dapat diikuti oleh staf perencana tentunya dengan kompetensi teknis menggunakan aplikasi perencanaan dan penganggaran” ujar Bambang Sancoko setelah selesai memberikan materi persiapan pelaksanaan anggaran.

     “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, karena pelatihan ini mengajarkan secara detail proses penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Kedepannya kami berharap diklat ini bisa diikuti oleh banyak peserta baik pejabat dan staf di masing-masing perguruan tinggi, terutama di perguruan tinggi wilayah timur “ujar salah satu peserta pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, Purnomo dari Universitas Khairun Ternate

     Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Wisnu S. Soenarso secara resmi menutup kegiatan pelatihan ini. Diharapkan peserta Diklat dapat mentransfer ilmunya untuk rekan-rekan kantor agar penyelenggaraan pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam kesempatan itu, kapusdiklat juga menyampaikan hasil evaluasi. “Hasil evaluasi penyelenggaraan Diklat secara keseluruhan sebesar 87.20%, artinya penyelenggaraan diklat sudah berjalan dengan baik karena diatas standar penyelenggaraan diklat yang ditetapkan Pusdiklat Kemenristekdikti yaitu 87.00%”

(Farly / Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 3 =