Kerja Kita, Prestasi Bangsa

     Serpong, 17 Agustus 2018 – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Upacara peringatan Hari Ulangtahun Republik Indonesia ke-73 di Lapangan Upacara Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSIPTEK) Serpong. Upacara ini dihadiri oleh Seluruh Pejabat Pusat di lingkungan Kemenristekdikti, serta beberapa perwakilan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTS) dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III dan IV.

     Acara berlangsung dengan tertib dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenristekdikti, Ainun Naim sebagai pembina upacara yang mewakil Menristekdikti Mohamad Nasir yang berhalangan hadir. Acara ini diiringi lagu-lagu perjuangan oleh Paduan Suara dari Universitas Mercu Buana serta penampilan menarik Marching Band dari Politeknik Maritim Indonesia.

     Dalam amanat upacara Menristekdikti yang disampaikan oleh Sekjen Kemenristekditki, Nasir menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mencapai stabilitas politiknya, perkembangan ekonominya, serta prestasi-prestasi lain yang telah dicapai. Sebagai salah satu contoh pada bulan Juli 2018 lalu, Putra terbaik Indonesia dapat meraih emas pada lari 100 meter kejuaraan dunia U-20.

     Beberapa minggu yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23. Peringatan tersebut wujud dari penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dari putra-putri bangsa Indonesia di bidang Ilmu Pengetahuan. Tetapi menurut Nasir, pemanfaatan Iptek dan Inovasi untuk pelaku industri dan ekonomi masih perlu ditingkatkan lagi. Peningkatan pemanfaatan iptek dan inovasi merupakan tugas Kemenristekditki sebagai institusi iptek sehingga harus dapat memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.

     Nasir mengingatkan, ke depan masih banyak tantangan-tantangan yang perlu ditangani seperti pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, serta revolusi industri 4.0. Dengan bersatu, bergotong royong serta bersungguh-sungguh dalam bekerja semua akan berjalan dengan lancar.

     “Menghadapi revolusi industri 4.0 kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation, dan Human Literation” Pesan Nasir yang disampaikan oleh Ainun.

     Di akhir amanatnya Nasir berpesan agar terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta membuat prestasi yang membanggakan untuk bangsa Indonesia. Terus bekerja, terus berinovasi, serta terus berprestasi. KERJA KITA, PRESTASI BANGSA.

     Pada momen bahagia ini, diumumkan pula Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menerima anugerah Satya Lencana Karya Satya. Anugerah ini diberikan kepada PNS yang telah bekerja mengabdi pada negara dan menjadi pelanan masyarakat dalam kurun waktu 30, 20, dan 10 tahun atau lebih secara terus menerus dengan menunjukkan disiplin dan setia agar dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya.

 

Korneti Rismawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − one =