PENUTUPAN PELATIHAN DIKLAT BASIS KEUANGAN

Jumat, 27 Juli 2018  Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah merampungkan tiga kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Permata Bogor. Pelatihan tersebut meliputi Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen, Pelatihan Spending Review Bagi APIP, dan Pelatihan Bendahara Penerimaan yang dilaksanakan selama satu Minggu (22/07-28/07).  Pada Penutupan kali ini turut dihadiri Kepala Pusdiklat Ristekdikti, Wisnu S. Soenarso yang memberikan sambutan dan sekaligus menutup kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan hal-hal menyangkut pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya seperti aturan  jumlah minimal pegawai ASN menerima pelatihan yaitu sebanyak  20 jam pelatihan(JP)/tahun. “Wajib setiap ASN, minimal 20 jam per tahun mengikuti pelatihan”, Ucap Wisnu.

Selain itu Kepala pusdiklat juga berpesan kepada peserta supaya dengan senang hati membagikan ilmunya kepada rekannya di instansi masing-masing. “Bapak/Ibu jangan segan untuk membagikan ilmu yang sudah didapat disini ke rekan-rekan, karena pusdiklat tidak mungkin akan mendiklatkan semuanya. Selain itu bapak/ibu mungkin juga bisa mengadakan pelatihan sendiri di instansinya”, ucanya.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 83 peserta dari lingkungan Kementerian Ristekdikti yang meliputi 23 peserta PPK, 28 peserta Spending Review Bagi APIP, 32 peserta mengikuti Pelatihan Bendahara Pengeluaran. Karena kali ini merupakan diklat basis keuangan, Pusdiklat Kemenristekdikti kembali bekerja sama dengan Pusdiklat Anggaran  dan Perbendaharaan Bogor dari Kementerian Keuangan untuk menyediakan pengajar atau Widyaiswara. Sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan para peserta.

Sebelum menutup acara, kepala Pusdiklat juga sempat meminta tanggapan dari para peserta mengenai penyelenggaraan Pelatihan ini. Adapun tanggapan dari Bambang, ketua kelas pelatihan PPK. “saya sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini, tentunya banyak manfaat dan ilmu yang saya peroleh, sehingga dapat mempermudah pekerjaan saya”, ucap Bambang.

 

Indra Lukmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =