Kapusdiklat Resmi Menutup Pelatihan Keahlian PBJ

     Surakarta, 25 Mei 2018 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Wisnu S. Soenarso menyampaikan materi Kebijakan Pengembangan ASN sebelum menutup acara pelatihan “setiap pegawai memiliki hak untuk mengikuti pelatihan minimal sebanyak 20 jam pembelajaran dalam setahun. Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa ini memberikan bekal untuk calon Pejabat Pembuat Komitmen, calon pejabat pengadaan, Unit Layanan Pengadaan, dan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan agar mengetahui proses pengadaan dari awal hingga akhir dan kalau sudah mengetahui semuanya harusnya bisa terhindar dari penyimpangan” paparnya dalam sambutannya sesaat sebelum menutup acara Pelatihan Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ).

     Diklat ini adalah angkatan III tetapi kali kedua tahun 2018 dilaksaanakan di UNS inn yg merupakan bagian dari Universitas Sebelas Maret (UNS) . Semua materi termasuk latihan soal dan simulasi ujian sudah disampaikan oleh Narasumber dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). ‘Riviu materi secara keseluruhan’, serta ‘pengerjaan dan pembahasan soal try out’ hari ini disampaikan oleh Suhartanto di kelas A dan Nia Budi Puspitasari di kelas B.

     

     Peserta sangat antusias meskipun ada sedikit perubahan, informasi yg mereka terima sebelumnya adalah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 ternyata saat pelaksanaannya adalah mengacu pada Perpres 16 tahun 2018 yang diundangkan pada tanggal 22 maret 2018 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. “Perpres baru ini justru ini lebih sederhana kok. Harapannya mind-set peserta, calon pengelola pengadaan barang dan jasa ini bisa mengikuti aturan yang berlaku dan tidak hanya sekedar lulus dan memperoleh seritifikat saja” kata Veince Richard, salah satu Pejabat Pembuat Komitmen dari Universitas Cendrawasih sekaligus Kepala Biro Administrasi Umum.

     Besok jam 9 pagi, akan dilaksanakan ujian serentak bagi 71 Orang peserta yang berasal dari perwakilan Politeknik, Institut dan Universitas seluruh Indonesia. “Selamat ujian dan semoga dengan berkah ramadhan ini semua peserta Lulus” ujar Kapusdiklat.

RM/FS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =