Bandung, Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

     Bandung, 6 Mei 2018. “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, adalah tema yang diusung dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

      Kementerian Riset, Terknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Hardiknas pada tanggal 2 s.d. 13 Mei 2018, dengan sub tema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia”. Rangkaian peringatan Hardiknas diawali dengan pelaksanaan upacara bendera pada hari Rabu, 2 Mei 2018 yang dipusatkan di Universitas Padjadjaran, Bandung.

     Natsir, Menristekdikti dalam sambutannya pada saat Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2018 mengatakan bahwa selaku pemangku kepentingan utama di bidang pendidikan, tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting, dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan sumber daya manusia. Keharusan perguruan tinggi melaksanakan riset serta inovasi semakin penting dalam situasi sosial, terutama dengan semangat Revolusi Industri 4.0. Karena itu, perguruan tinggi harus lebih sensitif terhadap semua perubahan yang terjadi di masyarakat dan peka terhadap tantangan yang dihadapi, dengan kepekaan itulah perguruan tinggi dapat secara cepat memberikan rekomendasi serta solusi untuk menjawab segala permasalahan.

     Usai upacara bendera, dilakukan peluncuran program strategis Kemenristekdikti yaitu SPADA-IdREN dan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Unpad. Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas Padjadjaran, Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa dengan adanya fasilitasi PJJ ini pemanfaatannya bukan hanya dari aspek program studi itu sendiri tapi merupakan wujud dari resource sharing.

     Apa yang dimiliki oleh suatu perguruan tinggi bisa manfaatkan oleh perguruan tinggi lain. Bukan hanya materinya saja namun termasuk pula di dalamnya kapasitas para dosennya. Sehingga rekognisi terhadap mereka dapat dilihat juga oleh banyak pihak,” tutur Tri.

    Hardiknas Kemenristekdikti juga mengangkat isu nasional yang diimplementasikan melalui Sarasehan “Sumbangsih Pendidikan Tinggi untuk Wujudkan Citarum Harum” yang diselenggarakan pada Kamis, 3 Mei 2018 bertempat di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran.

       Dalam rangkaian Hardiknas diselenggarakan pula kegiatan Jalan Sehat pada hari Minggu, 6 Mei 2018 dengan rute UNIKOM – Dago – Taman Air ikapayung.     Kegiatan jalan sehat ini dibuka oleh Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristekditi, Bunyamin Maftuh. “Jalan sehat ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan kita saja, melainkan juga menjaga silaturahmi diantara kita semua, sebagai keluarga besar,” ujarnya.

      Dalam kesempatan wawancara dengan Rektor UNIKOM Eddy Soeryanto Soegoto, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah yang pertama kali dilakukan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat bekerjasama dengan Kemenristekdikti. Dengan menjelajahi Car Free Day Jalan Dago sebagai pusat keramaian kota Bandung yang merupakan satu aktivitas yang disambut masyarakat, dan sangat berhasil.

     Eddy Soeryanto pun berharap bahwa kegiatan jalan sehat ini dapat dijadikan satu kegiatan rutin yang dapat mempererat tali sitarurahim  antar perguruan tinggi, dan juga dapat mendekatkan Kemenristekdikti, Kopertis Wilayah IV dengan seluruh Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Barat.

     Acara Jalan Sehat juga dihadiri oleh Miss Internet Indonesia Jawa Barat tahun 2017 yaitu Jessica Agrippina Yo. Bermula sebagai Mojang wakil 1 dari Kabupaten Bandung Barat yang memenangkan Miss Internet Indonesia 2017 di Bali. Bermula dari impian masa kecil untuk menjadi seorang intertainment, dan sekarang sebagai Miss Internet membawa pesan bahwa sebagai wanita millennial Indonesia harus tangguh seperti RA. Kartini.

     Jessica Yo juga berharap bahwa masyarakat Indonesia harus cerdas dalam media social dalam penggunaannya, “Stop the Hoax dan Stop the Bully”. Terkait dengan pelaksanaan Jalan Sehat ini, Jessica Yo juga mengatakan bahwa ini suatu kegiatan yang inovatif. Dengan Jalan Sehat, warga Bandung dapat meningkatkan kekeluargaannya, saling mengenal dan berkomunikasi antar sesama”.

     Rangkaian kegiatan peringatakan Hardiknas tahun 2018 ditutup dengan World Graduate Expo tanggal 12 – 13 Mei 2018 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Siti Aminah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =