Kali Pertama Pusdiklat Kemenristekdikti Mengadakan Pelatihan PPK

     Bogor, 22 April 2018 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Bogor menyelenggarakan Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SKPP  di lingkungan Kemenristekdikti. Pelatihan ini diselenggarakan selama Lima hari (23 – 27 April 2018) di Hotel Permata Bogor.

     Pelatihan ini diikuti sebanyak 68 peserta yang terdiri dari masing-masing perwakilan dari Unit  Utama Kemenristekdikti, Institut Seni, Institut Teknologi, Politeknik dan dari universitas.

     Pembukaan dilakukan  oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso,  kami dari Pusdiklat akan terus melakukan pelatihan seperti ini,  dan pelatihan PPK ini merupakan  kali pertama diselenggarakan sejak awal Pusdiklat Kemenristekdikti terbentuk. Jadi bisa dibilang ini merupakan angkatan Pertama” Ucap Wisnu.

     Tujuan diselenggarakannya pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi seorang PPK agar mampu melaksanakan swakelola, mampu mengkaji paket dan jadwal pengadaan, mampu menyusun spesifikasi dan HPS, mampu menyusun kontrak, mampu mengendalikan pelaksanaan pekerjaan, mampu melakukan mekanisme pembayaran, dan mampu membuat laporan dan serah terima pekerjaan.

     Selain membuka kegiatan pelatihan,  Kepala Pusdiklat  juga memberikan pembekalan mengenai “Pengembangan Kopetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).


Dari gambar tersebut terlihat para peserta tampak antusias dan fokus mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso.

Indra Lukmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =