Pusdiklat Menulis

    Serpong (17/04/2018). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memanfaatkan website sebagai media dalam menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan diklat yang akan maupun telah dilaksanakan. Penyampaian informasi tersebut sebagian besar dilakukan dalam bentuk artikel yang ditulis oleh pengurus buletin dan website Pusdiklat, maupun dari sumber lainnya.

    Kemampuan pengelola untuk menyampaikan informasi secara menarik dan mudah dipahami pembaca tidak dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola website dengan baik.  Keterbatasan ilmu dalam menulis artikel juga menjadi penghambat dalam menyampaikan informasi dengan lugas serta tidak berbelit-belit.

     Pusdiklat Kemenristekdikti untuk pertama kalinya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penulisan artikel dan pengelolaan website Pusdiklat. Bimtek ini ditujukan bagi pegawai Pusdiklat baik pejabat struktural dan fungsional tertentu widyaiswara serta tim website dan buletin Pusdiklat yang dilaksanakan di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti,  Serpong, tanggal 17-18 April 2018. Tujuan pelaksanaan Bimtek ini agar peserta khususnya tim buletin mampu menyajikan berita dan artikel yang menarik untuk dibaca, dan bagi tim website sendiri dapat meningkatkan pengetahuannya dalam mengelola website Pusdiklat secara mandiri.

Salah satu peserta berlatih menulis artikel

     Bimtek dibuka secara resmi oleh Kapusdiklat Wisnu S. Soenarso. Dalam arahan Kapusdiklat berpesan agar setelah mengikuti bimtek ini, peserta mampu menulis berita dan artikel sesuai kaidah penulisan dari perspektif wartawan. Salah satu narasumber dalam Bimtek ini adalah Virna P. Setiorini, yang bertugas sebagai editor dan jurnalis LKBN Antara di Jakarta. Virna mengajarkan bagaimana tips menulis artikel dan berita yang benar dalam perspektif wartawan. Dalam sesi ini juga diulas tulisan dari penulis website Pusdiklat.

 

Charfikarani-Nindy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 16 =