Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Beasiswa S2 Tata Kelola Pemilu

Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Beasiswa S2 Tata Kelola Pemilu berlangsung pada hari Selasa, 27 Maret 2018 antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Universitas Sumatera Utara dihadiri oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu, Ketua Badan Pengawas Pemilu, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, Bappenas, Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Bappenas, Perwakilan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Negeri Lampung, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Nusa Cendana dan Universitas Cenderawasih.

Program Beasiswa S2 Tata Kelola Pemilu telah dirintis sejak tahun 2013, dengan dibentuknya Konsorsium Pendidikan Tata Kelola Pemilu guna penyusunan kurikulum perkuliahan.

Konsorsium tersebut terdiri dari 10 (sepuluh) Universitas di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Negeri Lampung, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Nusa Cendana dan Universitas Cenderawasih.

Dengan bergabungnya Universitas Sumatera Utara di tahun 2018, maka Program Beasiswa S2 Tata Kelola Pemilu ini telah dibuka di 11 (Sebelas) Universitas di Indonesia dengan peserta terdiri dari pegawai KPU baik pusat maupun daerah dan dari Bawaslu, bahkan program S2 ini menjadi minat masyarakat umum dengan telah mendaftarnya 1 mahasiswa dari peserta umum/ masyarakat, dengan Pengajar/ Dosen sebagian besar dari mantan komisioner KPU.

Diharapkan dengan adanya Program S2 Tata Kelola Pemilu, kedepannya Pemilu dapat dilaksanakan secara profesional serta didukung dengan penyelenggara yang mempunyai integritas, kapabilitas, dan akuntabilitas tinggi. Semoga.

27 Maret 2018. sa/ktu/pusdiklat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 4 =