Diklat Teknis Manajemen Aparatur Sipil Negara dan Analisis Jabatan Angkatan II-Yogyakarta

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan diklat teknis di lingkungan Kemenristekdikti, yaitu Diklat Manajemen ASN dan Analisis Jabatan. Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 11 sampai dengan 17 Maret 2018 bertempat di Hotel Neo+ Awana Yogyakarta, diikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri atas perwakilan dari berbagai PTN di seluruh Indonesia. Pusdiklat telah menyelenggarakan diklat manajemen ASN dan Analisis Jabatan ini sebanyak 2 angkatan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan ASN BKN.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan panyampaian kata sambutan dari Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti sekaligus membuka secara resmi diklat teknis manajemen aparatur sipil negara dan analisis jabatan angkatan II. “Pelatihan dilakukan dalam rangka mengurangi/menutup “GAP” antara kompetensi pegawai dengan persyaratan (permintaan) jabatan serta dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja pegawai dalam mencapai sasaran kerja pegawai yang telah ditetapkan” ungkap Wisnu S. Soenarso selaku Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti.

Selanjutnya peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat teknis manajemen aparatur sipil negara dan analisis jabatan angkatan II sesuai dengan jadwal diklat yang ditentukan. Mulai dari pemberian materi oleh Narasumber, pembagian kelompok tugas dan diskusi hingga mempresentasikan hasil tugas yang diberikan oleh Narasumber.

Hatma Izza Perdana dari Universitas Tidar

“Bagi saya, manfaat diklat ini secara umum untuk meningkatkan kompetensi yang awalnya masih kurang menjadi lebih baik lagi. sedangkan manfaat secara khusus untuk menjalin networking dan menambah wawasan. Selain itu saya juga mendapatkan ilmu di bidang kepegawaian, terkait analisis jabatan yang merupakan salah satu bentuk pengelolaan SDM yang tidak hanya bersifat teknis tapi juga bagaimana kita mengembangkan SDM tersebut untuk organisasi” Ungkap salah satu peserta diklat analisis jabatan, Hatma Izza Perdana dari Universitas Tidar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − sixteen =