Diklat Kepemimpinan TK IV Angkatan I Pusdiklat Kemenristekdikti ditutup

 

Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tk IV (Diklatpim IV)  angkatan I Kemenristekdikti  tahun 2017 yang dimulai sejak tanggal 21 Agustus 2017 telah berakhir pada tanggal 11 Desember 2017. Penutupan dilakukan oleh Kepala Pusdiklat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Wisnu S. Soenarso.  Penyelenggaraan Diklatpim ini bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan  Kepemimpinan Nasional (Pusdiklat KAN) Lembaga Administrasi Negara (LAN).  Diklat Kepemimpinan yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Pusdiklat Kemenristekdikti  ini  berlangsung selama  103 hari kerja,  yang terdiri dari 36 hari kerja on campus (klasikal) dan 67 hari kerja  off campus (non klasikal). Diklatpim IV ini diikuti oleh sebanyak 40 orang pejabat setingkat eselon IV (pengawas) dari lingkungan Kemenristekdikti, berasal dari unit utama Kementerian sebanyak   17     orang, dari lingkungan perguruan tinggi (PTN) sebanyak  21 dan  dari Kopertis Wilayah X sebanyak 2 orang.

Para peserta Diklat, selain mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan kompetensinya, mereka juga diwajibkan melakukan laboratorium kepemimpinan melalui inovasi  perubahan di lingkungan unit kerjanya, yang hasil proyek perubahannya  dipresentasikan di depan penguji  dan atasannya (mentor) pada  akhir pembelajaran Diklat. Dari hasil evaluasi, 5 (lima) peserta terbaik Diklatpim IV Angkatan I Kemenristekdikti tahun 2017 adalah sbb; 1. Eni Susanti (Kepala Seksi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemenristekdikti), 2. Yoserf Kristiantoro (Kepala Subbagian Kerugian Negara Kemenristekdikti), 3. I Wayan Gayun Widharma (Kepala Subbagian Hukum dan Tata Laksana, Universitas Udayana), 4. Rakhmat Basuki (Kepala Subbagian Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran, UNS), 5. Indah Eko Suryani (Kepala Subbagian Keuangan, Politeknik Negeri Jember).

Acara penutupan berlangsung di Aula Pusdiklat Kemenristekdikti di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan dihadiri oleh seluruh peserta Diklat, pejabat struktural dan Widyaiswara   di lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti. Selamat untuk menjadi pemimpin perubahan !

(Bidang Prokerma/RS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + twenty =